Jumat, 18 September 2009

OLEH SIAPA, UNTUK APA & SIAPA Blog DOCTOR RIEF


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

melindungi segenap nyawa manusia adalah ambisiku dan kepada Tuhan akan kugantungkan semua niatku ".

Selamat bergabung sobat!!!
Setelah sekian lama menunggu akhirnya kesampaian juga niat dan asa di hati ini,  untuk dapat sedikit berbuat kepada sesama umat manusia, melalui pikiran , serta itikat kuat untuk dapat berbagi, sebab hidup manusia adalah universitas riel yg tiada akan pernah ada wisuda nya. Perjalanan hidup kita sudah mengajarkan, agar kita pandai memetik hikmah dari sebuah episode kisah sedih dan kisah gembira yg selalu mewarnai  hidup anak manusia. Rona kehidupan yang selalu mewarnai manusia secara garis besar terkelompok dalam 3 Fundasi Dasar kehidupan, meliputi :
  1. Keadaan Sehat
  2. Keadaan Cukup Ekonomi
  3. Keadaan Bebas untuk Bersosialisasi
Keadaan sehat, dalam definisi holistik haruslah meliputi keadaan tubuh yg terbebas dari segala serangan penyakit, rasa sakit di badan, kelemahan dan ketidak mampuan tubuh serta  tebebas dari kecacatan. ( = definisi WHO ).
Namun semakin modern tingkat kemajuan,pengetahuan serta mobilitas peradaban manusia, maka terjadi pula revolusi besar-besaran dari definisi arti "Sehat", dimana manusia abad 21 tidak hanya menginginkan suatu yang dinamakan "Keadaan sehat ", akan tetapi mereka berusaha untuk mendapatkan " fungsi nilai tambah " dari keadaan sehat yang telah didapat, sebagai misal :
  • Pada era-era dahulu masyarakat cukuplah puas dgn keadaan sembuh dari sakitnya, namun di era sekarang keadaan sembuh tidaklah cukup. mereka berusaha mencari upaya pemulihan bahkan jika perlu melakukan "rekonstruksi" fisik agar bisa tampil prima seperti sebelum sakit.
  • Pada milenium abad 21, kebutuhan akan kesehatan sudah bergeser pada era Usaha Pencegahan dan Usaha mendapatkan kondisi " Ultra Sehat" yang bisa di gunakan untuk meningkatkan citra personal diri ( Positive High value of  healty condition ) di hadapan aktifitas sosial kemasyarakatan ( High value of social activity ). Pada akhirnya terjadi suatu keadaan  bukan hanya masyarakat yg baru sembuh dari sakit saja yang membutuhkan, namun tidak sedikit dari manusia yg sudah terbebas dari keadaan sakit pun ( free condition from illness ) juga  ingin mendapatkan nya, semisal : bagaimana mendapatkan diri dengan tampilan ( appearance ) yang " paripurna ", disamping sehat juga menarik , cantik, tampan dan mempunyai personal fisik yang prima.
Rupanya dunia Kedokteran  selaku provider kesehatan juga mengimbangi kebutuhan tersebut, melalui upaya meningkatkan skill serta kemampuan tatalaksana  bagi tenaga medis, meningkatkan penguasa'an  kemampuan basic medic  yang kuat, ber basic  pengetahuan yang selalu "up to date  ", dan ditindak lanjuti dengan munculnya berbagai disiplin cabang ilmu kedokteran yang sangat baru , ditambah kemajuan di bidang  Tata Kelola Penanganan Kesehatan dengan diterapkan nya formula-formula kelola  baru, yang mulai berkembang dan sangat ekspansive bermunculan. 
Namun pada akhirnya masyarakat tetap kembali sebagai owner  sekaligus konsumen dari produk Jenis -jenis Program Layanan Kesehatan, Seadangkan  para praktisi kedokteran juga tetaplah sebagai  provider  ( Pelaksana dan operator )  di bidang Produk Layanan kesehatan. dan baik buruknya hubungan kemitraan sangat dipengaruhi oleh kemitraan yang penuh keterbukaan antar keduanya.
Sealanjutnya untuk mengantisipasi demand tawaran  ledakan Trend Setter  terhadap Kebutuhan Kesehatan di Millenium 21 ini,  maka sudah sewajarnya, jika masyarakat sebagai owner  sekaligus konsumer  kesehatan, seharusnya juga membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang  kerja fisiologi tubuh manusia, penyakit, komplikasi penyakit, efek samping, tatakelola suatu penyakit, dan bahkan  jika perlu, harus mendapatkan referensi yang tepat,  kepada siapa , harus mengambil pilihan untuk menentukan siapa konsultan Kesehatan yang tepat, untuk dipercaya menangani masalah kesehatannya. Sehingga dapat dihindari terjadinya suatu keada'an "missunderstanding" antara masyarakat sebagai Konsumen  kesehatan dengan institusi atau pribadi  provider  kesehatan, yg sering kita jumpai terjadi akhir-akhir ini,  bahkan tak jarang kasus nya diekspose secara "hotline" di media massa, sebagai  kasus sengketa hukum yang berujung penuntutan baik secara pidana dan perdata dengan tuduhan " Malpraktek ".

Saya bersyukur sekali kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, yang memberikan hidup dan kesehatan, kemampuan berfikir serta inspirasi, sehingga  Website saya dengan nama DOCTOR RIEF, dapat hadir. Melalui DOCTOR RIEF saya berharap banyak untuk ikut berpartisipasi membantu meningkatkan pengetahuan tentang basic medis bagi para mahasiswa saya dan terlebih bagi sahabat dalam jalinan pertemanan " Facebook ", masyarakat umum serta para " surfer " di  dunia maya. Kepada penyuka blog kesehatan  DOCTOR RIEF,  semoga konten didalamnya dapat pula membantu pencerahan, dan  jika mungkin bisa menjadi referensi, guna mendapatkan pengetahuan tentang berbagai masalah yang berhubungan dengan kebutuhan untuk selalu tetap sehat , cantik , tampan, fisik Prima  dan hidup berkualitas  serta  berusaha memberi solusi sehat yang bermanfa'at.
saya ucapkan terima kasih kepada BLOGGER yang telah sudi memberikan space kepada account saya serta banyak membantu tampilan cantik DOCTOR RIEF sehingga sangat nyaman untuk di taut.

Di posting selanjutnya saya akan berusaha mengetengahkan ulasan topik-topik yang sangat menarik dalam berbagai kategori level :
  • Level Medical Tutorial (Mahasiswa Kesehatan )
  • Level Sciense Terapan ( Publik Umum )
  • Level Konsultasi Penyakit & solusi               ( Clinical  advice  ).
  • Others ( lain-lain )

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada,  Dr. Kusnan Arief atas sumbangan salah satu Kartoon nya dan   kepada www.Cartoonstock  atas perkenan menampilkan salah satu kartoon nya , Thank's for all 








SAYA MENGUNDANG SEMUA SOBAT UNTUK BERGABUNG , BERTANYA, DAN BERI KOMENTAR NYA

                                                               wassalamualaikum Wr. Wb.                   
                                                                                          Hormat saya


DOCTOR RIEF
website :
http://doctorrief.blogspot.com

Tidak ada komentar: